Mental Health Matter

Mental Health Matter : Women Advocating for Awarness and Support

ditulis oleh Rifdah Naifah (Anggota Bidang Eksternal Periode 1445-1446/2023-2024 M)

 

Wanita memiliki peran ganda yaitu sebagai wanita rumah tangga sekaligus sebagai pencari nafkah dalam keluarga. Tekanan beban kegiatan yang dihadapi oleh wanita yang bekerja dan berumah tangga sangat mempengaruhi kondisi kesehatan mental wanita tersebut sehingga mudah mengalami stres. Strategi yang digunakan untuk memelihara kesehatan mental yaitu dengan memberikan dukungan sosial berupa dukungan kelompok sebagai wadah untuk berbagi berbagai masalah dan tekanan yang dihadapi oleh wanita berperan ganda tersebut.

Dukungan sosial mengacu pada kesenangan yang dirasakan, penghargaan akan kepedulian, atau membantu orang menerima dari orang-orang atau kelompok lain.

Jenis-jenis dukungan sosial meliputi;

  1. Emotional support atau dukungan emosional, mencakup ungkapan empati, kepedulian dan perhatian terhadap orang yang bersangkutan.
  2. Esteem support atau dukungan penghargaan, terjadi lewat ungkapan hormat (penghargaan) positif untuk seseorang, dorongan maju atau persetujuan dengan gagasan atau perasaan individu, dan perbandingan positif seseorang dengan orang lain.
  3. Instrumental support atau dukungan instrumental, mencakup bantuan langsung seperti memberi pinjaman uang.
  4. Informational support atau dukungan informatif, mencakup memberi nasehat, petunjuk-petunjuk, saran-saran atau umpan balik.
  5. Network support atau dukungan jaringan, memberikan rasa keakraban di dalan sebuah kelompok pada bagian minat dan aktivitas sosial.

Wanita berperan ganda akan merasa bahwa dengan berkumpul dengan orang lain dapat mengurangi stres akibat seharian beraktivitas. Penting bagi wanita untuk memahami pentingnya dukungan sosial, bersosialisasi dengan orang lain, pentingnya sebuah kelompok sosial sebagai tempat untuk bertukar pikiran atau sharing dan mendapatkan feedback dari teman yang lain, sehingga mampu untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top