Kekurangan iship dokter gigi, alat dan bahan yg tidak memadai, sistem iship yang masih kacau dengan stase yg tidak jelas?

Istilah internship sering disebut ketika seseorang membahas mengenai magang. Pada umumnya, internship adalah sebutan lain dari magang.
Pengertian internship adalah suatu kegiatan magang singkat yang umumnya dilakukan minimal satu minggu dan paling lama satu tahun. Biasanya, peserta magang dibayar secara sukarela, tetapi ada juga lembaga yang memberikan uang saku.
Program magang telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya pada pasal 21-30. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga telah memberi peraturan magang melalui Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Permendikbud tersebut menjelaskan bahwa magang bisa diklaim sebagai angka kredit dalam sistem perkuliahan. Umumnya, magang juga syarat kelulusan di beberapa perguruan tinggi.

Manfaat Magang
Magang atau internship memiliki sejumlah manfaat bagi mahasiswa. Berikut ini di antaranya:
1. Mengembangkan Keterampilan
Saat melakukan internship, mahasiswa akan memperoleh tugas-tugas. Nah, dari berbagai tugas inilah mahasiswa akan banyak mempelajari hal baru.
 2. Menambah Relasi
Magang juga dapat memperluas relasi mahasiswa di lingkungan profesional. Oleh sebab itu, mahasiswa akan mendapatkan mentor berpengalaman, rekan bisnis, atau bahkan dipilih sebagai karyawan tetap.
 3. Menambah Kepercayaan Diri
Mengikuti kegiatan internship akan menambah kepercayaan diri, sebab mahasiswa sudah lebih siap menempuh jenjang karier berikutnya. Saat sudah bekerja, keterampilan yang didapat saat magang juga bisa diterapkan.
 4. Meningkatkan Kualitas Diri
Selama magang, tentunya mahasiswa akan berkoordinasi dengan mitra kerja yang lainnya. Pada saat itu, kemampuan komunikasi maupun yang lainnya juga akan meningkat.
 5. Memperoleh Pengalaman Kerja
Perusahaan ada kalanya mendahulukan mereka yang sudah berpengalaman bekerja, kendati mencari pelamar fresh graduate. Selain menjadi modal untuk mencari kerja, magang juga bisa jadi proses persiapan menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
 6. Menambah Pengalaman Kerja di CV
Jika sudah memiliki pengalaman magang, maka CV akan memperoleh nilai tambah. Terlebih jika nilai dari kegiatan magang terbilang memuaskan, hal ini memberikan peluang lebih besar untuk diterima kerja.
 7. Eksplorasi
Pengalaman magang bisa menjadi waktu untuk berpikir apakah pekerjaan yang tengah digeluti sesuai dengan minat atau tidak. Pengalaman mengikuti berbagai kegiatan magang bisa membantu menentukan karier di kemudian hari.

Hal yang menjadi pertanyaan dalam pelakanaan iship :

Apakah Magang Digaji?

Disebutkan dalam akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan RI, saat magang seseorang mendapatkan uang saku, bukan gaji. Uang saku para intern adalah bagian dari hak. Pemberian uang biasanya meliputi transportasi, uang makan, serta insentif. Waktu internship juga disesuaikan jam kerja perusahaan. Namun, tidak boleh dilakukan pada hari libur resmi. Bekerja lembur atau bekerja lebih dari jam kerja tidak diizinkan. Jam kerja untuk anak magang adalah sistem shift. Soal shift, ketentuannya juga tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri Pasal18 ayat (2).

Aturan shift malam anak magang yang diperbolehkan adalah:

1. Usia magang minimal 18 tahun

2. Menyediakan transportasi antar dan jemput

3. Memberikan makanan sesuai standar gizi yang ditentukan

4. Sesuai dengan jenis kompensasi yang dibutuhkan.

Internship untuk dokter gigi akan berlangsung selama enam bulan, dengan pembagian, 3 bulan di rumah sakit dan 3 bulan lagi di Puskesmas. Selama internship akan diberikan Bantuan Biaya Hidup (BBH). Yang menjadi masalah saat ini ialah, terkait pembagian lokasi iship yang tidak dapat di pilih atau di tentukan oleh orang yang ingin mengikuti program tersebut, pada sebuah wawancara oleh tempo.co dimana tempo.co melakukan sebuah wawancara dengan calon pendaftar iship dimana narasumber menyatakan bahwa pada saat pendaftaran sangat bergantung dengan kondisi jaringan, kemudian dalam hal pemilihan lokasi hanya diberikan dua lokasi yaitu asal tempat lulus dan provinsi seluruh Indonesia, sehingga membatasi pemilihan tempat yang ingin di tuju. Dari problematika tersebut maka alangkah bagusnya jika program iship ini harus terjelaskan dengan baik, terutama terkait lokasi iship yang dituju oleh pendaftar dan besaran gaji yang akan di dapatkan oleh peserta iship tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top